Sang Penguji dan Sang Penentu

UJIAN NASIONAL SMA TAHUN AJARAN 2009/2010

ya, itulah nama Sang Penguji dan Sang Penentu bagi masa-masa SMA ku (ngga bermaksud untuk syirik kepada Allah ya, cuma sebutan aja untuk UN). bayangkan saja, kerja keras dan semua usahaku selama masa-masa SMA ini hanya ditentukan dalam wakti 6 x 120 menit kemarin. dengan pelajaran yang tidak bisa dipandang sebelah mata, UN ini benar-benar cerminan gerbang pertamaku menuju dunia yang sesungguhnya.

berbulan-bulan aku dan semua kawan-kawanku belajar untuk menghadapi UN ini. harta yang dikeluarkan pun tidak sedikit. meski itu tidak berlaku bagiku yang tidak mengikuti les tambahan seperti teman-temanku. bukan maksudku untuk menyombongkan diri dengan tidak mengikuti les-les tambahan. bukan maksudku juga untuk memandang sebelah mata terhadap UN ini. hanya aku takut tidak bisa membagi waktuku bila mengikuti les-les tambahan. cukup bagiku dengan mengikuti PM yang disediakan dari sekolah.

tentu saja jalan untuk mengahadapi UN ini tidak mudah. sampai saat tes kemarin pun masih banyak materi yang belum aku kuasai, terlebih lagi materi-materi yang sangat sakral. sebut saja BIOLOGI yang memang cakupannya sangat luas. otakku yang sepertinya didesain untuk accounting dan arithmetic benar benar harus dipacu agar dapat memahami materi-materi biologi ini. bagiku FISIKA dan MATEMATIKA bukan hal yang harus terlalu ditakutkan, karena keduanya mengandung jawaban yang pasti. jika rumus dan logika sudah dapat diatasi, masalah untuk kedua pelajaran itu hanya tinggal manajemen waktu. karena selama Try Out Try Out di sekolah kendalaku adalah kekurangan waktu untuk kedua pelajaran itu. satu lagi pelajaran yang menurutku berada di antara kelebihan dan kekuranganku adalah KIMIA. memang terlihat sama saja dengan pelajaran eksakta lainnya, naumn pelajaran ini membutuhkan pemahaman dan analisa yang tinggi sebelum masuk ke dalam proses hitungannya. sedangkan dua pelajaran bahasa yaitu BAHASA INDONESIA dan BAHASA INGGRIS tidak menjadi beban pikiranku. bukan berarti aku sudah menguasai keduanya, justru karena aku tidak mengerti apa yang harus aku pelajari. sehingga aku hanya belajar dari soal-soal saja.

LULUS dengan nilai terbaik tentu merupakan impian an dambaan setiap pelajar Indonesia yang akan menghadapi UN. tidak terkecuali diriku yang ingin sekali mendapat nilai sempurna untuk tiga pelajaran eksakta favoritku. untuk itu aku benar-benar berusaha keras untuk memaksimalkan nilai ketiga pelajaran ini. namun niatku sepertinya tidak berjalan mulus sesuai yang kuharapkan. MATEMATIKA kemarin aku kembali kekurangan waktu sehingga tidak bisa mengerjakan seluruh soalnya dengan penuh. akhirnya ada beberapa soal yang aku tembak. FISIKA yang menjadi cadanganku juga ternyata tidak memastikan nilai sempurna untukku. empat soal teori sepertinya menjadi penghambat nlai sempurnaku nanti. dan KIMIA, hahhh, sepertinya aku hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala saja saat temanku membahas soal-soalnya yang sepertinya banyak jawaban yang beda dariku. tapi semoga dari semua pelajaran UN, aku tetap bisa menjadi yang terbaik nanti.

sekarang tinggal menunggu tanggal 26 April 2010 untuk pengumumannya. aku berharap semua pelajar Indonesia bisa lulus tanpa harus mengulang lagi pada ujian kedua nanti. dan harapan terbesarku adalah semoga aku bisa menjadi yang terbaik di sekolahku. amiin ya Allah :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar